Perkenalkan
nama saya Agus pak Martin. Mobil saya Daihatsu Espass 1300 cc tahun 96.Saya
membelinya tahun 2006 yang lalu dan ini adalah mobil pertama saya.

Awalnya
setiap ada problem dgn mobil ini atau mau maintenance rutin (tune up) selalu
saya menggunakan jasa bengkel. Tapi lama-kelamaan saya berfikir gimana kalo
maintenance rutinnya saya kerjakan sendiri saja, itung2 biar lebih hemat dan
juga biar tambah ngerti soal mobil kalo sewaktu-waktu mogok di jalan.
Nah yang jadi masalah sekarang adalah saya masih bingung gimana cara/prosedur
lengkap setting delco (timing pengapian) dan setiing karbu (rpm+angin) yang
pas/benar tanpa bantuan timing light (by feeling dgn mendengarkan suara mesin),
sehingga diperoleh tarikan mesin yg enteng, tidak overtemp dan tentunya tidak
bikin boros BBM.
Soalnya saya sudah nyari-nyari artikel di internet, tapi malah bingung mana yg
hrs saya ikuti karena setiap oarang punya prosedur sendiri2 menurut selera
mereka.
Sebelumnya saya mengucapkan banyak teriman kasih.
Jawab:
Pertanyaan anda ada beberapa hari ini saya mencoba menjelaskan cara menyetel timing
dan menyetelan platina:
1. Platina (contact point) terdiri dari
dua bagian. Satu menyatu dikancing dengan baut kecil ke keja platina. Ketika
pasang baut ini tidak boleh kepanjangan nanti membuat meja tidak bisa bergerak,
karena baut itu menembus sampai ke bawa. Baut itu hanya sapanjang tebal
beja plus tebal plat platina. Bagian kedua bergerak pada as bagian satu yang
lain. Bagian ini tidak boleh menyentuh langsung besi dengan besi, ada ebonite
diantaranya. Maksudnya agar ketika platina terbuka bisa menimbulkan letikan bunga api.
2. Setelah pasang dan pastikan
duduknya platina benar, putar puly kruk as, caranya kali kipas di tarik putar
sehingga as distributor berputar. Ketika nok as distributor menyentuh tonjolan
platina, stel membukanya sekitar 0.6-0.8 mm.
3. Pada puli kruk as ada tanda
seperti gambar, paskan, hentikan puli pada kedudukan 5 derajat sebelum top,
tergantung jenis mesin dan bahan bakar. Kalau premium 5 derajat, maka ketika
pakai pertamax menjadi 8 derajat sebelum top.
4. Pakai lampu bolp 12 V, seperti
kita mau ukur kekuatan batere. Satu kabel sentuhkan masa badan distributor dan
lainnya di pasangkan, dilengketkan pada kabel yang masuk ke distributor.
6. Bisa juga setelah pasang
platina baru, kita gunakan timing ligth, sambil disenterkan ke puli kruk as.
Sambil memutar distributor sampai pengapian yang diinginkan. Jangan sekali kali
mencabut distributor dari blok mesin kecuali oleh teknisi.
7. Mungkin pertama anda tidak
berhasil, coba teruskan. Suatu ketika saya yakin anda bisa. Selanjutnya lihat
di blog ini cara menyetel karburator.